Sikap Adalah Aset yang Berharga

 SIKAP ADALAH ASET YANG BERHARGA



“Dalam bidang apa pun, sikap adalah faktor penting yang menentukan kesuksesan melebihi faktor teknis dan bakat. Sikap adalah aset yang berharga.”


Apa itu sikap? Sikap adalah sesuatu dalam diri Anda sendiri yang mempengaruhi cara pandang Anda terhadap segala sesuatu. Kabar baiknya, sikap adalah faktor internal yang dapat Anda kendalikan.  Faktor eksternal seperti kondisi perekomian yang lesu, penolakan, adanya downline yang berhenti, keadaan cuaca yang tidak menguntungkan, banjir, macet dan lain-lain, tidak bisa Anda kendalikan. Tetapi sesulit apa pun faktor eksternal itu semua tergantung sikap Anda. Masalah bukanlah masalah, itu tergantung cara Anda memandangnya. 


Contoh: Jika produk yang dipasarkan oleh perusahaan sedang kosong, hal ini bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Tetapi, dengan mengubah sikap atau cara pandang, masalah bisa menjadi hal yang positif. Misalnya Anda bisa berpikir bahwa produk kosong berarti produk itu laku, benar? Nah, jika produk itu laku berarti produk itu bagus. Dengan penalaran seperti itu, masalah produk kosong bisa menjadi hal yang positif, yaitu produk bagus. Semua bergantung kepada cara pandang Anda, faktor internal yang bisa dikendalikan.

Kabar baik yang kedua adalah bahwa sikap itu hanyalah masalah keputusan, bukan keterampilan yang membutuhkan waktu yang lama untuk melatihnya. Karena sikap adalah. sebuah keputusan, Anda bisa dengan cepat mengubah sikap kapan pun Anda mau.


"Pak, presenternya jelek, gawat ini saya mengundang teman lagi". Tetapi upline saya menjawab: "Nah, itulah hebatnya bisnis ini, yang jelek saja bisa, apalagi Anda".

Kalimat yang singkat dari upline saya langsung mengubah sikap sava seketika itu juga. Saya pikir, "Benar juga ya, orang dengan kemampuan jelek seperti ini saja bisa sukses, apalagi saya." Presenter yang jelek justru membuat saya tambah semangat. Semua hanya karena sikap.

Tetapi bagaimana dengan teman saya itu?. Dia tidak bergabung. Saya yakin banyak orang yang melihat presentasi yang tidak menarik memutuskan untuk tidak bergabung. Tetapi hanya sedikit orang yang bisa tetap bersikap positif melihat sebuah presentasi yang tidak menarik. Faktor eksternalnya sama, bedanya di sikap.


Sungguh beruntung kita menjalankan bisnis K-LINK . Sebuah bisnis yang 90% kesuksesan tergantung kepada sikap, faktor internal yang bisa kita kendalikan, dan dalam sekejap bisa diubah. Tetaplah bersikap positif.


SIKAP TERHADAP  BISNIS K-LINK

Ketka Anda bergabung di sebuat bisnis Network Marketing, bagaimana sikap Anda terhadap bisnis Iní? Anda menganggapnya sebuah bisnis besar atau hanya bisnis sampingan aja? 

Satu hal yang sederhana mengenai sikap terhadap bisnis K-LINK adalah sebagai berikut: Jika Anda menganggap K-LINK bisnis kecil, hasilnya juga kecil. Jika  Anda menganggap K-LINK bisnis besar, hasilya juga besar. Banyak orang menganggap bisnis K-LINK hanya bisnis sampingan atau bisnis kecil-kecilan aja. Mengapa? Karena modal yang dibutukan untuk bergabung di bisnis ini  sangat kecil dibandingkan bisnis tradisional. Karena modalnya kecil, banyak yang mengangganya bisnis yang tidak terlalu serius. Dampaknya dari sikap ini sangat besar. Jika kita mengganggap bisnis ini bisnis kecil pasti komitmen kita juga kecil.


SIKAP MANDIRI

Sikap mandiri adalah salah satu sikap yang sering saya tekankan kepada member baru yang aktif. Sikap mandiri diwakilkan oleh satu kalimat singkat: "Ini bisnis saya sendiri" Dengan menganggap bisnis ini sebagai bisnis kita sendiri, maka kita akan secepat mungkin belajar bagaimana caranya menjalankan bisnis dengan benar. Meskipun di awal kita mungkin dibantu oleh upline, namun sikap ini membantu kita untuk belajar dengan cepat supaya tidak bergantung kepada upline.

Pada akhirnya, mereka yang mandiri dan bertanggung jawab akan menjadi pemimpin besar dengan penghasilan besar.


SIKAP RENDAH HATI

Sikap penting berikutnya adalah sikap rendah hati. Sikap ini membantu seseorang untuk mempelajari langkah-langkah dasar yang sesuai sistem. Ini mencegah seseorang untuk bersikap sok tahu.  Mempelajari langkah-langkah sederhana sesuai sistem sangat penting untuk memastikan terjadinya duplikasi. Juga penting untuk menjaga langkah-langkah tersebut tetap sederhana dan tidak tergoda untuk kreatif dan menambah langkah-langkah lain di luar sistem. Untuk itu diperlukan kerendahan hati untuk bersikap sebagai gelas kosong yang siap belajar dan tunduk kepada sistem.


Waspadai SIKAP BIG SHOOT

Sampai kapan seseorang harus menjaga sikap rendah hati? Sikap rendah hati harus dijaga selamanya. Bahkan di luar bisnis MLM, sikap ini tetap saja sebuah permata yang berharga. Sayang sekali, ada beberapa pemimpin yang tidak konsisten menjaga sikap rendah hati. Ketika memulai bisnis, mereka cukup rendah hati untuk mengikuti sistem. Tetapi setelah mencapai prestasi tertentu, mereka menjadi big shot.

Merasa diri mereka orang penting dan tiba-tiba berubah menjadi arogan. Merasa lebih pintar dari upline dan bahkan sistem.

Gejalanya pemimpin big shot ini mulai bersikap kritis terhadap upline, perusahaan dan support system. Sikap arogan ini akan merusak solidnya tim yang sudah dibangun dengan bersusah payah. Pemimpin big shot seperti ini lupa bahwa dirinya menjadi besar karena sikap rendah hati dan ketundukan kepada sistem. Setelah besar justru melakukan kebodohan dengan merusak sistem yang membesarkannya.


SIKAP TERHADAP MASALAH

Sebagai seorang pemimpin, tentu saja Anda harus kuat. Maksud saya kuat secara mental, bukan fisik. Orang yang mentalnya tangguh sanggup menghadapi setiap masalah dalam bisnis K-LINK terutama masalah konflik kepribadian dengan orang-orang yang terlibat dalam bisnis Anda.

Sebagai pemimpin, kita harus mampu mengelola emosi dan menjaga pandangan tetap positif, apa pun keadaan dan pertentangan yang mungkin muncul. Kita harus siap menghadapi keadaan yang tidak diharapkan terutama ketika bekerja sama dengan "orang yang sulit". Mampu menangani emosi ketika seseorang mengecewakan Anda merupakan hal penting bagi seorang pemimpin.

Mengelola emosi adalah hal penting apabila Anda bekerja dalam bisnis MANUSIA. Kematangan dan emosi yang stabil benar-benar bekerja. Hasil terbaik diraih oleh mereka yang membuat kesalahan paling sedikit saat bekerja sama dengan orang lain. 

Itulah Bisnis Digital Network Marketing , bisnis kepemimpinan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, jenis-jenis dan Manfaat Tumbuhan Monstera Variegata, Tumbuhan Viral